Kamis, 30 Juni 2011

Bermain Bass

Bass adalah suatu alat Musik pengiring dengan nada dasar F. Meski berfungsi sebagai pengiring saja, line-line yang dimainkan di alat Musik yang satu ini juga cukup asik untuk didengar. Bass pada umumnya dimainkan dengan teknik yang diberi nama “Plucking”, yaitu menarik/memukul senar bass dengan jari, baik itu 1,2,3 maupun 4 jari secara bergantian. Selain menggunakan teknik Plucking, teknik lain yang juga sering digunakan dalam bermain bass adalah “Thumb”, yaitu memukul senar dengan menggunakan jempol. Teknik yang menggabungkan Thumb dan Pluck disebut “Slapping”. Selain menggunakan menggunakan jari, kita juga bisa menggunakan Pick, seperti pada gitar.

Pada tahun 1950, bass elektrik perlahan menggeser kedudukan Double Bass dalam permainan Musik pada umumnya. Bentuk bass elektrik tak jauh dari gitar elektrik. Namun, body bass biasa lebih besar dengan neck yang lebih panjang karena jarak antar fret lebih jauh, namun tetap saja terasa lebih mungil dibandingkan dengan Double Bass.

Bass pada umumnya memiliki 4 buah senar dengan setelan standar E-A-D-G. Namun, sama dengan gitar, setelan ini tidak wajib dan dapat divariasikan. Variasi steman/setelan lain yang biasa dipakai contohnya D-A-D-G dan B-E-A-D. Bass tenor juga biasanya menggunakan tuning A-D-G-C untuk nada yang lebih tinggi.

Selain 4 senar, banyak juga bass yang menggunakan 5 senar dan 6 senar. Tuning senar untuk 5 senar biasanya B-E-A-D-G atau E-A-D-G-C. Sedangkan 6 senar biasa menggunakan B-E-A-D-G-C, E-A-D-G-B-E atau F#-B-E-A-D-G.

Beberapa Bass memiliki jumlah senar berbeda, namun bass-bass tersebut cukup sulit(kalau tak mau dibilang sangat sulit) didapatkan di Indonesia. Contohnya :

1. 1 string, 2 strings, dan 3 strings - seperti namanya, bass tipe ini hanya memiliki 1, 2, atau 3 senar saja. Pembuat bass Atlansia membuat bass-bass tipe senar 1, 2, dan 3 sperti ini. Selain itu, pemain bass TonyLevin secara spesial meminta MusicMan membuat versi 3 senar dari bass StingRay favoritnya
2. 8, 10, 12, dan 15 strings - Bass-bass seperti ini menggunakan prinsip yang sama dengan gitar 12 senar, dimana senar-senar yang ada dikelompokkan dalam satu kelompok dengan tuning yang sama, misalnya untuk 8 senar : Ee-Aa-Dd-Gg

Pick up (bukan jenis mobil) juga berperan penting dalam bass elektrik. Tanpa pick up, suara tak dapat disampaikan ke amplifier. Ada beberapa jenis pick up yang dipakai dalam bass, yaitu jenis “P”, “J”, Humbucker, dan Soapbar. Penjelasan untuk masing-masing pick ups mungkin akan dibahas di artikel yang khusus untuk membahas Pick Ups nanti.

Nah, sampai di sini, apa yang judul blog ini? Yup, betul, FretBoard! Jadi, jangan sampai kita malah lupa ngebahas soal fret-fret yang ada di instrumen satu ini. Bass versi awal memiliki 20 fret, namun bass-bass modern sekarang kebanyakan memiliki fret 24 atau lebih. Seperti yang kita tahu, setiap jarak 12 fret adalah jarak 1 oktaf Namun, ada juga beberapa tipe bass yang menggunakan sistem fretless.

Yah, skian dulu artikel ini, mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih sudah membaca :mantapp:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates