Kamis, 07 Juli 2011

Tips Menghancurkan Gitar

Tips Menghancurkan Gitar!!


Tips Menghancurkan Gitar!!


Hmm... ingin pertunjukan live kamu spektakuler? Ingin memberi kejutan pada penonton? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan atraksi penghancuran gitar seperti yang biasa dilakukan band-band glam rock mancanegara, tapi sebelum itu simak beberapa tips berikut ini diambil dari musichow.com.

1. Siapkan Lagu Pamungkasnya
siapkan sebuah lagu pamungkas yang bisa dibuat untuk bersenang-senang. Bersenang-senang disini maksudnya adalah tidak banyak teknik yang perlu dikeluarkan atau tidak ada teknik sulit yang harus dipertontonkan, yang berarti tidak membutuhkan gitar/alat yang bagus untuk dimainkan. Yang penting senarnya 'gak' fals aja udah cukup.

2. Siapkan gitar tumbalnya
Selanjutnya adalah menyiapkan gitar penggantinya. Gitar ini nanti yang akan kamu hancurkan. Pilih yang modelnya semirip mungkin dengan yang biasa kamu gunakan dan yang pasti, harganya murah!!

3. Jeda lagu
Sebelum menuju pada lagu pamungkas, kamu bisa menyisipkan dialog pada penonton. Suruh vokalismu untuk berbincang sejenak dengan penonton, minta lampu sorot untuk hanya tertuju pada vokalis, ini akan mengalihkan perhatian penonton sedangkan kamu bisa segera mengganti gitarmu.

4. Rencanakan dengan matang metodenya
Untuk menambah efek dramatis, kamu bisa saja mengganti atraksi membanting yang sudah kuno. Hal lain yang bisa kamu lakukan misalnya membakar gitarmu, menggergaji ataupun memakai kapak. Siapkan semua peralatan pendukung dan peralatan penyelamat/pengaman. Satu hal yang pasti adalah jangan berimprovisasi! Lakukan dan gunakan alat-alat seperti yang telah direncanakan.

5. Pilih titik penghancuran
Jangan menghancurkan gitarmu di sembarang tempat. Tentukan dahulu titik diatas panggung dimana kamu akan melakukan aksimu. Ini harus disetujui dan diketahui oleh seluruh kru. Hal ini penting untuk menjaga agar tidak ada instrumen yang ikut rusak atau orang lain yang terluka karena terjadi hal yang diluar dugaan. Misalnya serpihan kayu, head-stock yang terlontar, api yang menjalar dan semacamnya.

6. Pastikan gitarmu benar-benar bisa dihancurkan
Ini juga penting, instrumen tersebut harus benar-benar hancur secara total, bukan hanya rusak atau patah, jika tidak maka pertunjukan ini akan sia-sia. Jangan pernah berniat untuk menghancurkan keyboard ataupun amplifier, karena alat yang satu ini akan sulit untuk dihancurkan. Biasanya kalau bukan gitar atau bass bisa juga drum. Tetapi agar "membekas" di hati penonton drum tersebut juga harus benar-benar hancur, bukan hanya "berantakan"

7. Siapkan dokumentasi
Aksi ini harus diingat selama mungkin, tidak hanya 2-3 tahun saja. Penonton bisa saja lupa, tetapi foto/video tidak. Jadi siapkan kru dokumentasimu untuk menyiapkan semua yang diperlukan, jangan ada yang terlewat. Beritahu juga para wartawan/media peliput tentang aksi ini, sehingga mereka tidak beranjak pergi sebelum aksi ini dipertontonkan.

Nah, semoga tips-tips tersebut bisa berguna, yang jelas di dalam bisnis pertunjukan kamu harus melakukan sesuatu yang beda dari sekedar memainkan chord dan bernyanyi. Mungkin jika di Indonesia, hanya Ucok AKA (alm.) yang terkenal menampilkan atraksi gila dalam setiap konsernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates